Apresiasi Kinerja Kementan, Wamen Harvick Menjadi Warga Kehormatan Kodam Bukit Barisan dan BNPT

0
Peletakan Batu Pertama Pendopo Ketahanan Pangan di Markas Kodam I Bukit Barisan pada Senin 25 Juli 2022. (Foto,ist/Kementan)
Advertisement

JAKARTA | Peningkatan ketahanan pangan yang menjadi program utama Kementerian Pertanian (Kementan), melibatkan banyak instansi lintas sektoral.

Semangat dan dukungan penuh kepada berbagai instansi yang ingin terlibat, membuat gairah terhadap sektor pertanian menyebar luas.

Kodam I Bukit Barisan merupakan salah satu instansi yang sudah menjalin kerjasama penuh dengan Kementan, bahkan beberapa program sudah berjalan melalui dukungan dan binaan dari Kementan.

Terjalinnya kerjasama ketahanan pangan, yang bertajuk ‘Menjaga Ketahanan Pangan Nasional demi Menjaga Ketahanan Negara’ itu ditandai dengan peletakan batu pertama pendopo ketahanan pangan di Markas Kodam I Bukit Barisan pada Senin 25 Juli 2022.

Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, secara khusus juga menyematkan Pin Warga Kehormatan Kodam I Bukit Barisan kepada Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolby, yang telah memberikan dukungan terhadap program-program ketahanan pangan yang dilaksanakan Kodam Bukit Barisan.

“Pin warga kehormatan ini merupakan bentuk penghargaan kami kepada Wamentan, Pak Harvick. Beliau yang paling terdepan dalam mendukung program ini. Dengan disematkan nya pin ini, berarti beliau telah menjadi warga Kodam I. Beliau keluarga kita,” ujar Mayjen Daniel di hadapan para prajurit TNI Kodam I Bukit Barisan.

Pada kesempatan lain, Wamentan Harvick juga menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Penghargaan sebagai Warga Kehormatan BNPT itu, juga merupakan apresiasi terhadap dukungan beliau terhadap Program Deradikalisasi, melalui
program pertanian terhadap mantan (eks) Narapidana Terorisme (Napiter) pada beberapa wilayah.

Foto, istimewa

“Program ini merupakan gagasan dari BNPT, yang mendapatkan dukungan penuh dari beliau (Harvick). Oleh karena itu, kami merasa sangat pantas untuk menyematkan ‘Pin Warga Kehormatan BNPT’ ini kepada beliau, sebagai bentuk rasa terima kasih dan apresiasi yang tinggi terhadap sumbangsih beliau dan Kementan,” ujar Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar ketika memberikan sambutan pada acara Soft Launching Kawasan Terpadu Nusantara di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu (27/7/2022).

Mendapatkan apresiasi dari berbagai instansi tersebut, Wamentan Harvick Hasnul Qolby merasa sangat terharu.
Menurutnya, semua hal tersebut adalah bagian dari tugas sebagai wakil menteri yang merupakan perpanjangan tangan dari Menteri Pertanian dan Presiden Joko Widodo.

“Sejujurnya saya merasa belum pantas. Masih sedikit yang saya bisa berikan. Tapi saya terima (penghargaan) ini, bukan atas nama saya pribadi tapi atas nama seluruh teman-teman di Kementerian Pertanian, terutama kepada Kakak saya, Bapak Menteri Syahrul Yasin Limpo yang selalu memberikan bimbingan dan petunjuk,” ujarnya ketika memberikan sambutan di hadapan warga dan petugas BNPT.

“Tapi, kami di Kementerian Pertanian hanya berusaha untuk mewujudkan semua program ketahanan pangan dari pemerintah. Bapak Presiden Jokowi menjadikan ketahanan pangan ini sebagai fokus utama, terutama dengan adanya pandemi covid yang telah mengguncang kita semua,” lanjutnya.

Sebelumnya, Gubermur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga memberikan pujian terhadap akselarasi dan pergerakan Wamentan. Edy menyebut Wamen Harvick memiliki akselarasi melebihi para tentara, karena selalu turun ke daerah-daerah tanpa melihat waktu. (Lis)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.