Di Tahun Anggaran 2022, Pemkab Asahan Terima DBH dari Pemprov Sumut Sebesar 68 Miliar

0
Wakil Bupati Asahan, saat menerima kunjungan Badan Anggaran DPRD Provinsi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sumatera Utara terkait Dana Bagi Hasil dan Bantuan Keuangan Provinsi bertempat di Aula Melati kantor Bupati Asahan Senin (28/3/2022).
Advertisement

KISARAN – Dalam Anggaran Pendapat Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2022 ini rencananya Pemerintah Kabupaten Asahan akan menerima alokasi Dana Bagi Hasil (DBH) dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebesar 68 miliar lebih.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar S.Sos, MSi., saat menerima kunjungan Badan Anggaran DPRD Provinsi bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Provinsi Sumatera Utara terkait Dana Bagi Hasil dan Bantuan Keuangan Provinsi bertempat di Aula Melati kantor Bupati Asahan Senin (28/3/2022).

Dikatakan Taufik, saat ini Pemerintah Kabupaten Asahan masih menunggu Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara tentang Rincian Bagi Hasil Pajak Provinsi kepada kabupaten/kota yang dialokasikan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2022.

Untuk itu, Wabup berharap rencana penerimaan Dana Bagi Hasil Pajak yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Asahan Tahun Anggaran 2022 dapat terealisasi pada tahun ini agar pembangunan infrastruktur yang telah direncanakan dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Sebelumnya dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pembahasan terkait realisasi penerimaan pendapatan Dana Bagi Hasil dari Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021 yang mencapai sebesar 71 miliar lebih. Dimana dana DBH itu diutamakan untuk pembangunan infrastruktur di Kabupaten Asahan, karena masih banyak yang belum maksimal dilaksanakan pada tahun sebelumnya.

Pada tahun anggaran 2021, kata Wabup lagi, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara masih mempunyai kewajiban kepada Pemerintah Kabupaten Asahan terkait alokasi dana kurang salur mencapai sebesar 28 miliar lebih.

“Pemkab Asahan berharap agar alokasi dana kurang salur tersebut dapat direalisasikan pada tahun ini demi keberlangsungan pembangunan di Kabupaten Asahan,” ujar Taufik Zainal Abidin sembari menambahkan bahwa Pemkab Asahan juga telah menyampaikan usulan bantuan keuangan Provinsi Tahun Anggaran 2022 sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara Nomor 900/8407 perihal Sinergitas dan Keselarasan Program Prioritas Provinsi Sumatera Utara dengan kabupaten/kota. (ibs)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.