Diminta Kesadaran Masyarakat: Jangan Membuang Sampah Sembarangan

0
Petugas DLH Kota Batam membersihkan tumpukan sampah, Senin (3/12/2018)
Advertisement

Batam – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam, selama ini telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu dilakukan supaya masyarakat menyadari, untuk tidak membuang sampah dengan sembarangan. Dengan demikian Kota Batam akan tampak bersih, indah dan asri sebagaimana yang diharapkan.

Namun sangat disayangkan kesadaran masyarakat Batam saat ini masih tergolong minim, sehingga masih banyak ditemukan dilapangan tumpukan sampah. Seperti saat ini kerab ditemukanĀ  seperti sampah renovasi rumah. Sampah tersebut diduga sengaja dibuang oknum yang tak bertanggung jawab pada malam hari.

Foto tumpukan sampah renovasi rumah di tepi jalan menuju Sei Harapan dari arah Batuaji. (Foto : Manser)

Sampah renovasi rumah itu banyak ditemukan di tepi jalan lintas menuju arah Sungai Harapan dari Batuaji. Berbagai macam jenis sampah seperti, asbes, keramik, seng dan pecahan-pecahan kaca, tampak berserak di tepi jalan tersebut. Hal itu tentu membuat para buruh kebersihan kewalahan mengangkut dan selanjutnya untuk membawa ke TPA Telaga Punggur.

Seperti penuturan Ruslan Zailani, salah seorang pegawai DLH yang bertugas sebagai pengawas lapangan menyebut, selama ini pihaknya sudah berulang kali memasang spanduk tanda peringatan, agar masyarakat tidak sembarangan membuang sampah.

“Selama ini kita sudah banyak melakukan sosialisasi dan memasang spanduk sebagai peringatan, agar warga jangan sembarangan membuang sampah. Namun tampaknya tak digubris. Bahkan kita sudah seringĀ  menangkap warga yang kedapatan membuang sampah dengan sembarangan. Mereka diproses dan disidang dengan sanksi denda sesuai dengan ketentuan tindak pidana ringan (Tipiring). Namun tampaknya masih ada yang membandel,” kata Ruslan, saat ditemui di lapangan, Senin (3/12/2018).

Ruslan menyebut, masalah kebersihan dan penanganan sampah bukan semata-mata hanya tanggung jawab pihak pemerintah saja. Namun sangat dibutuhkan kesadaran masyarakat. “Kita berharap kesadaran masyarakat, agar jangan membuang sampah dengan sembarangan. Buanglah sampah pada tempatnya. Mari kita sama-sama menjaga kebersihan Kota Batam yang kita cintai ini,” ucapnya. (Manser)

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.