Natuna Membutuhkan Pemandu Wisata Sebagai Penggerak Sektor Pariwisata

0
foto,istimewa
Advertisement

Natuna – Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemerintah Kabupaten Natunan, Tasrif menutup Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) keterampilan bagi pencari kerja Bahasa Inggris. Kegiatan Pemandu Wisata (Tour Guide) tahun 2019 berlangsung di Aula Balai Latihan Kerja (BLK) Natuna yang dilaksanakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertran) Kabupaten Natuna, Senin (2/12/2019).

Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Pemerintah Kabupaten Natunan, Tasrif Saat menyampaikan Kata Sambutan Dalam Penutupan Diklat Tahun 2019, Senin (2/12).

Dalam sambutannya, Tasrif menyampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan kali ini difokuskan pada penguasaan bahasa Inggris. Tentunya diklat ini dapat mempersiapkan SDM bagi pemandu wisata untuk melayani pengunjung wisatawan asing yang berkunjung di Kabupaten Natuna.

“Kita fokus belajar bahasa asing. Dengan kata lain, saudara sekalian akan dipersiapkan untuk menjadi ujung tombak penggerak sektor pariwisata,” ucap Tasrif.

Tasrif juga menyampaikan bahwa penguasaan bahasa Inggris sekarang ini sangatlah penting, karna saat ini menjadi salah satu bahasa universal yang dapat dipahami wisatawan hampir dari diseluruh negara.

Tasrif berharap peserta pelatihan, kedepan dapat menjadi pemandu wisata yang handal. Para pemandu wisata dapat memberikan kontribusi untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan. Ia juga berharap peran para peserta diklat sebagai pemandu wisata nantinya dapat memberikan informasi. Tasrif berpesan setiap pemandu wisata selalu menunjukkan keramahan bagi wisatawan sebagai jatidiri masyarakat Kabupaten Natuna yakni yang ramah, bersahaja dan senantiasa menjaga nilai-nilai luhur warisan budaya masyarakat melayu.

Tasrif mengatakan pemerintah selalu mendukung promosi daerah dan selalu berupaya memperkenalkan berbagai khazanah budaya yang dirintis selain destinasi wisata yang akan terus dibenahi secara berkelanjutan.

Husaini

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna, Husaini dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan diklat ketrampilan bagi pencari kerja yang diadakan di BLK Natuna bertujuan untuk membekali dan meningkatkan kemampuan pencari kerja untuk mahir menguasai bahasa Ingris. Sebagai pemandu wisata perlu keterampilan berbahasa asing untuk mendukung melayani wisatawan yang akan datang ke Natuna. Saat ini Natuna sebagi Geopark Nasional daerah tujuan wisata berstandard internasinal. Ia juga menyampaikan bahwa Pemerintah Natuna mendukung program pemerintah pusat dalam menciptakan lapangan kerja baru, dan meningkatkan kualitas pekerja lokal pada sektor pariwisata serta membangun SDM yang unggul menuju Indonesia maju khususnya Kabupaten Natuna.

” Disnakertran Natuna melalui balai Latihan Kerja (BLK) Natuna di tahun 2019 ini telah melaksanakan beberapa kegiatan pelatihan, yang bekerja sama dengan beberapa Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) dan UPTP. BLK dibawah Ditjen Binalattas Kemenaker RI,” ungkap Husaini.

Husaini juga mengungkapkan jumlah pencari kerja yang mengikuti pelatihan pada tahun 2019 sebanyak 205 orang dengan usia muda 15 – 24 tahun, sebanyak 145 orang.

Selanjutnya Husaini berharap kepada pengusaha yang ada di Natuna melalui DPK APINDO Kabupaten Natuna agar ikut bersinergi mendukung perbaikan iklim ketenagakerjaan yang kondusif khususnya di Natuna. Serta dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya untuk menerima para alumni Balai Latihan Kerja yang telah dididik memiliki sertifikasi kopetensi dari Balai Nasional Sertifikasi Propesi (BNSP).

Husaini juga berharap roda pencari kerja yang ikut pelatihan hendaknya tidak berfokus pada lowongan pekerjaan yang ada, akan tetapi diharapkan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.

Foto bersama peserta Diklat Tahun 2019.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Asisten III, Izwar Asfawi, para OPD, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan, Pimpinan travel se- Natuna, pengusaha serta tokoh masyarakat. JS/Adv

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.