Pemilu dan Pilpres Serentak di Batam, Berlangsung Lancar dan Aman

0
118
Tempat Pemungutan Suara (TPS) 87, Perumahan Fortuna Raya II.

Batam – Pemilihan Umum serentak di Kota Batam Rabu (17/4) 2019, pada umumnya berjalan lancar dan aman. Meski di sejumlah TPS ada keterlambatan logistik Pemilu seperti kerta suara dan kota suara, namun masyarakat tetap antusias mengikutinya untuk menentukan Presiden/wakil presiden maupun wakil-wakilnya di legisltif, mulai dari DPRD Kota/Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR pusat dan DPD RI lima tahun mendatang.

Tak diketahui pasti seputar keterlambatan surat suara beserta bilik suara. Di TPS 087 RW 16 Kelurahan Sagulung Kota misalnya, surat suara beserta bilik suara, baru tiba pukul 08.30. Padahal, masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya sudah ada yang tiba pukul 07.00 WIB. Masyarakat dengan sabar menunggunya dan tak terlalu mempermasalahkannya, disebabkan Rabu 17 April itu pemerintah telah menyatakan sebagai hari libur resmi.

Surat suara yang sudah tiba, kemudian disaksikan para saksi semua partai peserta Pemilu dibuka dan dihitung dengan cermat. Penghitungan surat suara 5 bagian itu terdiri dari surat suara Capres-cawapre, surat suara DPR, DPDm DPRD Provinsi dan surat suara DPRD Kota memakan waktu satu jam lebih. Setelah selesai penghitungan surat suara, barulah dimulai pemungutan suara. Di TPS 087 itu, tercatat 284 daftar pemilih tetap (DPT) sementara yang tidak ada namanya di DPT tetapi ada e-KTP sesuai domisili TPS, diperbolehkan memilih setelah selesai pemilih yang terdaftar di DPT melalui pendaftaran sampai pukul 12.30 WIB.

Sama dengan di TPS 088 dan TPS 089 surat suara, mengalami keterlambatan. Di TPS 088 jumlah DPT 209 dan di TPS 089 190. Pemilihan ada yang dimulai pukul 09.30 dan berlangsuing sampai pukul 14.00. Ada juga hingga pukul 15.00. Pemilih yang tidak terdaftar di DPT dan memupunyai e-KTP sesuai dengan domisili TPS, diberi kesempatan menggunakan hak suaranya setelah pemilih yang terdaftar di TKP selesai memilih.

Selama pemilihan berlangsung, suasana berlangsung aman dan lancar, bahkan diantara warga saling silaturahmi, kendati pilihan berbeda, Hasil pemilihan, baik Presiden/wakil presiden, tidak terlalu jauh perbedaannya. Perhitungan suara, mulai dari suara Capres-cawapres, DPR, DPD, DPRD Provinsi hingga perhitungan suara DPRD Kota, memang agak menegangkan. Apalagi  perhitungan suara Capres 01 dan Capres 02. Perhitungan diawali dengan perolehan suara untuk Capres-cawapres 01. Namun kemudian secara beruntun perolehan suara untuk Capres-cawapres  02 sampai angka 3. Lalu kemudian susul menyusul. Mendekati angka perolehan suara 50, Capres-cawapres 01 mulai melejit dan Capres-cawapres 02 tak bisa lagi menyusul.

Hasil alhir, Capres-cawapres 01 Jokowi-Ma;ruf memperoleh suara 157 dan Capres-cawapres 02 Prabowo-Sando 106 dan dua kerta suara batal karena dua-duanya kena coblos. Tepuk tangan kecil bergeman menyambut keunggulan perolehan suara Capres-cawapres 01 dari pemilihnya. Demikian juga pemilihan cakeg DPR pusat, empat caleg bersaing ketat seperti Djasarmen Purba, Drs H Nyak Kadir, Asman Abnur dan Mayjen TNI Marinir (Purn) Sturman Panjaitan SH. Diketahui Djasarmen memperoleh suara paling besar, 72, disusul Sturman dan Asman Abnur dan Nyat Kadir. Untuk DPD RI, Richard Pasaribu,  Ria Saptarika, Surya Makmur Nasution mendominasi perolehan suara. Sama halnya dengan di TPS 088 dan TPS 089, pelaksanaaan Pemilu berjalan lancar dan aman.  Pantauan media ini di sejumlah TPS kecamatan Sagulung seperti di Kapling lama maupun Saguba, Pemilu berjalan aman dan lancar. (arifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.