Bantu Masyarakat Kurang Mampu, Baznas Asahan Lakukan Khitanan Massal

0
Advertisement

KISARAN – Keberadaan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Asahan sebagai lembaga pemerintah non struktural merupakan instrumen untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat dan infaq yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam.

Hal itu disampaikan Bupati Asahan diwakili Kabag Kesejahteraan Rakyat Setdakab Ali Mughofar dalam sambutannya pada acara khitanan massal yang diselenggarakan Baznas Asahan di halaman kantornya di jalan Turi Kisaran, Rabu (07/06/2021).

Baca : Fraksi Setujui Ranperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Asahan Tahun 2020

Selain mengelola zakat, kata Ali, Baznas juga berfungsi meningkatkan manfaat zakat dan infaq untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinan khususnya di Kabupaten Asahan.

Kami berharap Baznas dapat lebih meningkatkan lagi kinerjanya terutama dalam membantu kegiatan sosial kemasyarakatan di Kabupaten Asahan sehingga keberadaannya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat, ujar Ali menyampaikan sambutan Bupati H. Surya BSc.

Kemudian kepada anak – anak yang menjadi peserta dalam khitanan massal diharapkan dapat menjadi anak yang soleh dan selalu berbuat baik membangun bangsa dan negara serta berbakti kepada kedua orang tuanya, tandas Ali Mughofar.

Sementara Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansa’ari Margolang dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan ini adalah merupakan program rutin yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2019 yang lalu. Adapun sumber dana pelaksanaan kegiatan khitanan massal ini berasal dari infaq umat Islam yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Asahan.

Selain dikhitan, kata Ansa’ari, anak – anak yang menjadi peserta juga diberi uang penali kasih sebesar 150 ribu dan kain sarung. Dan untuk pesertanya merupakan anak – anak yang berasal dari keluarga kurang mampu yang pendataannya dilakukan oleh Da’i Baznas yang tersebar di setiap desa dan kelurahan se Kabupaten Asahan.

Diharapkan program ini dapat membantu pemerintah khususnya Kabupaten Asahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan, ucap Ketua Baznas sembari menambahkan pada tahun 2021 jumlah peserta khitanan massal yang ditargetkan sebanyak 100 orang anak yang dilakukan dalam 2 tahap.

Tahap pertama, hari ini kita lakukan khitanan massal untuk sebanyak 50 orang anak yang berasal dari keluarga kurang mampu khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Kota Kisaran Barat dan Kota Kisaran Timur. Sedangkan yang 50 orang lagi rencananya akan dilaksanakan di luar Kota Kisaran dalam tahun ini juga, pungkasnya menambahkan.(ibs)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.