Bupati Apresiasi Panen Raya Padi Petani Binaan Baznas Asahan

0
Acara Panen Raya Padi petani binaan Baznas Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan di Desa Gajah, Senin (28/3/2022).
Advertisement

KISARAN – Bupati Asahan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Baznas Kabupaten Asahan yang telah melakukan pembinaan dan memberikan bantuan modal kerja bagi petani yang mendapatkan bantuan benih padi dari Dinas Pertanian di Desa Gajah, Kecamatan Meranti.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Edi Sukmana SH, MSi., ketika mewakili Bupati dalam acara panen raya padi petani binaan Baznas Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Asahan di Desa Gajah, Senin (28/3/2022).

Edi juga mengapresiasi Baznas Kabupaten Asahan yang bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah bukan hanya dalam upaya menghimpun zakat dari para ASN saja. Namun lebih dari itu, Baznas juga bisa menyelaraskan programnya dengan prioritas pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Dikatakannya, Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian akan terus berupaya memberikan pelayanan dan support kepada para petani melalui program yang telah direncanakan serta menyesuaikannya dengan program Kementerian Pertanian maupun program Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terutama terkait program prioritas kemandirian ekonomi yang akan membawa kesejahteraan bagi masyarakat khususnya petani.

“Dengan adanya peningkatan ini diharapkan nantinya petani yang notabene merupakan mustahik akan meningkat menjadi muzaki dan menyalurkan kembali zakatnya melalui Baznas,” ujar Staf Ahli Bupati Asahan itu.

Sebelumnya Ketua Baznas Kabupaten Asahan Ir. H. Ansa’ari Margolang dalam laporannya menyampaikan bahwa Baznas Kabupaten Asahan telah menyerahkan bantuan Qordul Hasan Pertanian Padi Sawah kepada 25 orang pada bulan Desember 2021 yang bersumber dari dana Infaq.

Bantuan ini, kata Ansa’ari, disalurkan di 4 Desa yakni Desa Gajah, Desa Rawang Pasar V, Desa Rawang Lama dan Desa Banjar. Kemudian Baznas Kabupaten Asahan juga memberikan bantuan berupa uang kepada 13 orang fakir miskin masing-masing sebesar Rp 500.000, kepada Muallaf sebanyak 2 orang masing-masing Rp 500.000 dan bingkisan senilai Rp 250.000, serta bantuan kepada kiyai sebanyak 5 orang masing-masing sebesar Rp 500.000.

Sementara Ketua Baznas Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Amansyah Nasution MSP dalam kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah mendukung program Baznas Kabupaten Asahan.

Amansyah juga berharap bantuan yang disalurkan Baznas kepada petani ini dapat merubah masyarakat yang selama ini menjadi mustahik (penerima zakat dan sedekah) bisa menjadi muzaki (pemberi zakat dan sedekah).

Kemudian Staf Ahli Bupati Asahan Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik bersama dengan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Camat Meranti, Kepala Desa Gajah, Ketua Baznas Provinsi Sumatera Utara dan Ketua Baznas Kabupaten Asahan melakukan panen raya padi. (ibs)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.