Bupati Asahan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

0
Advertisement

KISARAN – Bupati Asahan H. Surya BSc mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dengan Presiden Joko Widodo bertempat di aula Melati kantor Bupati setempat, Selasa (01/06/2021).

BACA: Bupati Terima Audiensi Pengurus Pemuda Pancasila Asahan

Upacara yang berlangsung sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 itu Bupati terlihat hanya didampingi Wakil Bupati Taufik Zainal Abidin S.Sos, MSi, Ketua DPRD H. Baharuddin Harahap SH, Ketua Pengadilan Negeri Kisaran Dr. Ulina Marbun SH, MH, Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory, Wakapolres Asahan Kompol Sri Juliani Siregar, perwakilan Kajari Asahan, perwakilan Dandim 0208 Asahan, Pj. Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution, para Asisten dan beberapa Kepala OPD di lingkungan Pemkab Asahan.

Dalam upacara virtual itu Presiden RI Ir. H. Joko Widodo menyampaikan pidatonya yang mengusung tema Pancasila dalam Tindakan, bersatu untuk Indonesia Tangguh. Dikatakannya, peringatan hari lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 01 Juni harus benar – benar dapat dimanfaatkan untuk memperkokoh nilai – nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Presiden juga meminta kepada kita semua untuk waspadai meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antara nilai – nilai dan rivalitas antar ideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Di akhir amanatnya Ir. H. Joko Widodo mengajak seluruh aparat Pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai – nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Sementara usai upacara, Bupati H. Surya menyampaikan harapannya agar Pancasila bisa menjadi kekuatan bagi bangsa untuk menghadapi pandemi Covid-19 yang tengah melanda Negeri ini. Karena semangat gotong royong yang terkandung dalam Pancasila dapat diterapkan masyarakat untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di Asahan.(ib.sitorus)

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.