Bupati Karimun Hadiri Panen Perdana Cabe Merah Proliga dan Pembukaan Sekolah Lapang Pertanian

0
Panen Perdana Cabe Merah Proliga di Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat Karimun dan Pembukaan Sekolah Lapang Pertanian, Sabtu (15/01/2021). [foto:sajirun s/ beritanusantaranews.com]
Advertisement

KARIMUN – Program budidaya komoditas pertanian dengan Program Lipat Ganda (Proliga) yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Kepri.

Panen perdana dilakukan secara langsung oleh Bupati Karimun, Aunur Rafiq bersama Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri Musni Hardi K Atmaja, Sabtu (15/1/2022) di Desa Sawang Laut, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun.

Bupati mengatakan, kelompok tani saat ini berhasil meningkatkan produktivitas atau hasil panen mereka dari sebelumnya secara konvesional berkat penerapan teknologi Proliga.

Dalam acara tersebut Bupati Karimun juga menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani. Saat berdialog dimana masyarakat anggota kelompok tani mengeluhkan tentang sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi.

Sesaat Bupati Rafiq langsung memerintahkan Kepala Dinas Pangan dan Pertanian , Sukri untuk mempersiapkan tentang regulasi akan dibuat rancangan peraturan daerah (Perda) tentang ketersediaan dan penyaluran pupuk bersubsidi, yang nantinya diharapkan dapat mengatasi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan pupuk bersubsidi.

Bupati Karimun juga mengharapkan dengan adanya bantuan dari Bank Indonesia, para masyarakat petani dapat mempergunakan dengan baik, sehingga dapat membantu meningkatkan penghasilan petani yang nantinya masyarakat menjadi sejahtera.

Di akhir acara Bupati Karimun secara resmi juga membuka sekolah lapang pertanian yakni dengan materi memberikan pelatihan kepada petani cara bercocok tanam cabe merah proliga,.

Acara panen perdana cabe merah dan sekolah lapang pertanian ini dihadiri oleh perwakilan Bank Indonesia, Dinas Pertanian Provinsi Kepri, Perwakilan Lanal Karimun, Kapolres Karimun, Dandim Karimun, Kepala Dinas Pertanian, para anggota kelompok tani, dan undangan lainya. (Sajirun s)

Istimewa
Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.