Kodim 0318/Natuna dan Pemkab Natuna Gelar Rapat Koordinasi Rencana Giat TMMD Ke- 110

0
Advertisement

Natuna – Komando Distrik Militer (Kodim) 0318/Natuna, menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, terkait rencana pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun anggaran 2021 diwilayah Kodim 0318/Natuna, Korem 033/WP, Kodam I/BB. Bertempat diruang pertemuan Makodim 0318/Natuna, Jalan Batu Sisir, Desa Sungai Ulu, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (07/01/2021) siang.

(Foto|dok.)

Rapat yang dipimpin oleh Dandim 0318/Natuna, Letkol (Arm) Asep Ridwan, SH.M.Han, itu, dihadiri langsung oleh Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik, para perwakilan OPD terkait, Camat Bunguran Timur, Hamid Asnan, Kepala Desa Sungai Ulu, Hermanto, para Perwira Staf Kodim 0318/Natuna, Danramil 01/Ranai Mayor (Inf) Narta, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Asep Ridwan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna serta seluruh pihak terkait, atas segala bentuk dukungan dan kerjasamanya yang baik, dalam menyongsong pelaksanaan TMMD ke-110 tahun ini.

Kata Asep Ridwan, sebelumnya ditahun anggaran 2019, pihaknya juga telah melaksanakan TMMD di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), namun tidak dapat selesai tepat waktu, akibat beberapa kendala yang terjadi dilapangan.

Atas kejadian tersebut, pihaknya mendapatkan tekanan dari komando atas, baik dari Korem 033/WP maupun Kodam I/BB, agar pelaksanaan TMMD tahun ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu. “Komando atas kami tidak ingin kejadian tahun 2019 lalu terulang kembali pada pelaksanaan TMMD kali ini. Sehingga dari Kodam minta kami dapat menyelesaikan TMMD tahun ini pada bulan Maret 2021,” ungkap Asep Ridwan.

Namun Asep Ridwan merasa optimis, bahwa dibawah komandonya, jajaran Kodim 0318/Natuna mampu menyelesaikan TMMD dengan tepat waktu dan tepat sasaran. “Bulan Februari ini akan kami laksanakan Pra TMMD. Semoga ini bisa tepat sasaran, dan tidak ada kendala yang berarti, sehingga pekerjaan ini bisa selesai tepat waktu,” tandas Asep Ridwan.

Pria kelahiran Bandung Jawa Barat itu menambahkan, bahwa TMMD kali ini terdapat beberapa kegiatan, baik fisik maupun non fisik. Diantaranya pembukaan dan pengerasan jalan dari Kampung Sebayar Desa Sungai Ulu menuju Desa Air Lengit, sepanjang 1,5 kilometer, dengan lebar 6 meter. Anggaran yang disiapkan untuk pekerjaan ini sebesar Rp 800 juta.

Dandim juga meminta pendapat dan koreksi dari semua pihak, baik itu dari Pemerintah Daerah, Kecamatan, Desa maupun Masyarakat, sebelum TMMD ini dilaksanakan. “Kami tidak ingin ada suara sumbang, atas pekerjaan TMMD ini. Karena disekitar jalan tersebut terdapat beberapa tanaman masyarakat, seperti pohon durian dan tanaman lainnya. Jadi kami mohon adanya koreksi dan pendapat, agar nantinya tidak terjadi permasalahan dikemudian hari,” pungkas Asep Ridwan.

Sementara itu Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal, mengaku mengapresiasi atas semangat dan optimisme Kodim 0318/Natuna untuk menyongsong TMMD ke-110 diwilayahnya. Menurutnya dengan adanya rapat koordinasi ini, setiap masalah yang mungkin saja bisa terjadi saat pelaksanaan, dapat diminimalisir sekecil mungkin. “Saya berharap kepada setiap OPD, agar dapat membantu dengan maksimal, agar TMMD ini bisa selesai tepat waktu. Jangan sampai terjadi lagi kasus yang di Anambas, karena bulan Mei ini saya sudah mengakhiri masa tugas. Sekali lagi untuk di Natuna saya minta jangan ada istilah tidak selesai,” tegas Hamid Rizal.

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Ketua II DPRD Natuna, Jarmin Sidik, bahwa pihaknya sangat mendukung penuh pelaksanaan TMMD yang dikerjakan oleh jajaran Kodim 0318/Natuna.

Menurut Jarmin, kegiatan ini sangat berdampak positif bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat Natuna.

“Kami dari pihak DPRD Natuna siap untuk mendukung program TMMD Kodim 0318/Natuna bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna. Mari kita berdo’a agar dapat menyelesaikan seluruh kegiatan ini sampai bulan Maret 2021 nanti,” ucap Jarmin. (Jim’s)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.