Ombudsman RI Perwakilan Sumatera Utara Survei Pelayanan Publik Disdukcapil Asahan

0
Advertisement

KISARAN – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Asahan Drs. H. Supriyanto MPd menyatakan pelayanan publik di instansi yang dipimpinnya ini merupakan pelayanan prima dan membahagiakan karena selain melayani masyarakat yang datang secara langsung ke kantor, juga memberikan layanan antar jemput administrasi kependudukan dan KTP-EL dengan memanfaatkan media sosial berupa WhatsApp.

Baca: Bupati Asahan Ikut Pembekalan Kepemimpinan Pemerintahan Dalam Negeri Secara Virtual

Hal itu disampaikan Kadisdukcapil Drs. H. Supriyanto MPd melalui Plt. Sekretaris Ruskamil kepada wartawan, Rabu (09/06/2021) di kantornya.

Dikatakannya, kunjungan Ombudsman Republik Indonesia perwakilan Sumatera Utara dalam melakukan survei Kepatuhan Standar Pelayanan Publik di Kantor Disdukcapil Kabupaten Asahan berlangsung pada hari Selasa tanggal 8 Juni 2021 kemarin.

Dikatakannya, survei kepatuhan pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman RI perwakilan Sumut ini diantaranya mengawasi pelayanan terhadap masyarakat dan fasilitas pelayanan publik lainnya yang diselenggarakan oleh Disdukcapil Kabupaten Asahan.

Hal – hal yang dipertanyakan semuanya menyangkut tentang pelayanan publik, mulai dari kotak saran, jam pelayanan, pengaduan masyarakat beserta SK tim penerima pengaduan yang semuanya sudah ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Asahan, ujar Ruskamil.

Kemudian lanjut Kamil, Disdukcapil juga memberikan pelayanan informasi pembuatan administrasi kependudukan melalui group WhatsApp dimana anggotanya terdiri dari perangkat desa, bidan desa, dan masyarakat yang tujuannya mempermudah untuk mengetahui info mengenai syarat – syarat dan penyiapan pembuatan administrasi kependudukan,” tambahnya.

Sementara Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Asahan Nixon R. Sitompul menjelaskan bahwa jam pelayanan publik Disdukcapil tidak terikat dengan jam kerja seperti kantor lainnya, dan selalu pulang melebihi jam kerja biasanya sampai semua warga yang datang mendaftar dapat terlayani.(Ib.sitorus)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.