Paripurna DPRD Penyampain Bupati Natuna Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2019

0
Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Natuna, Selasa (30/6).
Advertisement

Natuna – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian Bupati tentang ranperda pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah(APBD) tahun 2019.

Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Natuna, Selasa (30/6).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat paripurna, jalan Yos Sudarso, Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada hari Selasa (30/06/2020), yang dipimpin langsung oleh ketua DPRD, Andes Putra.

BACA JUGA : Pemkab Ajukan Biaya Rapid Test dan PCR Berbayar, Komisi DPRD Natuna Menolak

Dalam penyampaian pembukaan kata sambutan, Andes Putra kembali mengingatkan kepada segenap yang hadir pada saat itu untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Dengan mengucap bismillaahirahmaanirrahiim, rapat kali ini saya nyatakan dibuka dan terbuka untuk umum,” kata Andes.

Tampak hadir pada acara tersebut antara lain, Anggota DPRD Kabupaten Natuna, Sekda, TNI, Polri, dan aparatur daerah lainnya beserta tamu undangan.

Selanjutnya, Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh anggota dewan, yang telah memberi kesempatan untuk menyampaikan pertanggung jawaban APBD 2019.

BACA JUGA : Komisi I DPRD Natuna Kunjungi KPP Natuna

Hamid Rizal juga menjelaskan bahwa, dalam proses penyampaian PPA kepada DPRD harus dilampirkan laporan keuangan yang telah diperiksa oleh BPK paling lambat 6 bulan setelah tahun yang dianggarkan berakhir.

Dirinya juga menyampaikan bahwa, dalam penyusunan APBD sejauh ini pihaknya tetap berpedoman kepada kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Hal tersebut, sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), nomor 13 tahun 2006, tentang pengelola keuangan daerah.

Adapun jumlah anggaran belanja untuk tahun 2019, melalui APBD Kabupaten Natuna sebesar Rp.1.227.391.053.774.00 ( satu triliun dua ratus dua puluh tujuh milyar tiga ratus sembilan puluh satu juta lima puluh tiga ribu tujuh ratus tujuh puluh empat rupiah).

Dengan realisasi penyerapan Rp.1.111.409.674.258,30 (satu trilyun seratus sebelas milyar empat ratus sembilan juta enam ratus tujuh puluh empat ribu dua ratus lima puluh delapan rupiah dan tiga puluh sen) atau 99,55%.

Sementara realisasi pendapatan tahun 2019 sebesar Rp.1.350.963.641.174,67 (satu trilyun tiga ratus lima puluh milyar sembilan ratus empat puluh satu ribu seratus tujuh puluh empat) atau 102.83% dari target yang ditetapkan sejumlah Rp.1.313.724.680,01(satu trilyun tiga ratus tiga belas milyar tujuh ratus dua puluh empat juta enam ratus delapan puluh ribu lima ratus tiga puluh enam rupiah).

Sedangan silpa untuk tahun anggaran 2019 sebesar Rp.153.479.191.317,36(seratus lima puluh tiga milyar empat ratus tujuh puluh sembilan juta seratus sembilan puluh satu ribu tiga ratus tujuh belas rupiah) 36%.

Sebelum mengakhiri penyampaiannya, Hamid Rizal kembali mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setulusnya kepada semua pihak yang telah berperan sepenuhnya. “Kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak yang terlibat dalam peroses pelaksanaan pertanggung jawaban APBD ini,” ucap Hamid.

Selain itu, Hamid juga berharap kepada seluruh anggota DPRD agar bisa meberikan sumbang saran dan masukan, agar dapat dijadikan pegangan untuk perbaikan pelaksanaan APBD kedepannya supaya lebih baik demi Natuna lebih maju,” pungkasnya. Jims

BACA JUGA : Wakil Bupati dan Kapolres Natuna Sosialisasi New Normal di Kecamatan Pulau Tiga Barat

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.