PLN Batam Dipercayakan Produksi Listrik di Mandalika Lokasi Formula 1

0
51
Buka Puasa Bersama PLN Batam dengan Wartawan di Hotel Vista, Jumat (24/5/2019).

Buka Puasa Bersama PLN Batam dengan Wartawan

Beritanusantaranews.com, Batam – PT PLN Batam secara rutin selama beberapa tahun ini, melaksanakan buka puasa bersama dengan para wartawan. Untuk tahun 2019  dilaksanakan di Vista Hotel pada Jumat (24/5) 2018. Dadan Kurniadipura didampingi staf, hadir dalam acara buka puasa bersama itu. Menunggu waktu berbuka puasa, didahului sambutan dari Ketua PWI Kepri Candra Ibrahim yang pada intinya mengapresiasi bright PLN Batam dibawah pimpinan Dadan Kurniadipura sebagai Direktur Utama, secara rutin setiap tahunnya mengadakan buka puasa bersama. Ketua Kepri itu juga tak lupa memuji keadaan listrik saat ini yang sedang bagus seraya berharap harganya juga tetap ekonomis.

Selanjutnya sambutan dari Direktur Utama PT Bright PLN Batam Dadan Kurniadipura memaparkan sekilas tentang kelistrikan di Kota Batam saat ini. Dadan menjelaskan, dirinya sangat terkesan bermitra dengan para wartawan yang sudah 8 tahun ini keberadaannya mengabdi di Batam. Kemungkinan jelas Dadan, akan merupakan tahun terakhir sesuai kebijakan pimpinan pusat PLN dan akan mutasi dari Batam. Dalam kesempatan itu, Dadan Kurniadipura menjelaskan, bahwa perencanaan PLN Batam dirancang sampai tahun 2028. Saat ini PLN Batam memang sudah pulih setelah beberapa waktu lalu ada gangguan sebagai konsekwensi adanya pemeliharaan mesin pembangkit (maintenance). Kendati demikian, kemungkinan masih adanya gangguan pemadaman akibat pemeliharaan bulan Juli yang akan datang, tetapi kemudian kemungkinan ditunda bulan Oktober.

Dipaparkan, dari perencanaan sampai tahun 2028, maka langkah awal tahun 2020 nanti, pembangunan pembangkit untuk penambahan produksi listrik 25MW untuk Batam dan 30 MW untuk Bintan. Hal ini akan terus berlanjut dari tahun ke tahun. Tahun 2022 akan dibangun mesin pembangkit PLTU memproduksi 100 MW. Laju peroduksi listrik terus digesa melampaui pertumbuhan industri. Hal itu kata Dadan merupakan langkah dan rumus tepat bahwa ketersediaan listrik harus mendahului pertumbuhan industri. Artinya, listrik harus terlebih dahulu tersedia sebelum industri dibangun. Namun Dadan juga menjelaskan, untuk mempertahankan tarif lama tetapi PLN tetap untung, maka akan diupayakan mesin pembangkit tenaga air disebabkan harga gas yang semakin tinggi. PLTA (Perusahaan Listrik Tenaga Air) itu bisa terwujud dengan memasang baling-baling yang diputar dengan aliran air untuk menekan biaya memproduksi listrik dibandingkan dengan pemakaian bahan bakar gas.

PLN Batam telah banyak mencapai keberhasilan-keberhasilan, jelas Dadan. Sebab PLN Batam, tidak hanya memproduksi listrik untuk kota Batam saja. Tetapi juga sudah menyalurkan litrik ke luar kota Batam seperti ke Tanjungpinang dan Bintan. Bahkan PLN Batam sudah mempunyai pembangkit di luar Kepri, seperti yang ada di Duri Riau, Belawan Sumatera Utara, Bangka, Pulau Nias dan Lombok MTB. Dadan Kurniadipura menyebut lagi, lebih prestius lagi PLN Batam dipercayakan berperan menerangi lokasi event Formula 1 yang akan diadakan di Mandalika Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diadakan nanti. Sejumlah pertanyaan dari awak media tentang kelistrikan yang diajukan, dijawab dengan sangat jelas oleh Dadan Kurniadipura. Seperti, kenapa PLN Batam membangun pembangkit di luar Batam sementara di banyak pulau-pulau sekitar Batam banyak yang belum diterangi listrik PLN. Dadan menjelaskan, bahwa pembangunan pembangkit di luar Batam atau diluar Kepri adalah sesuai dengan permintaan pemerintah daerah setempat setelah melihat kinerja PT Bright PLN Batam sebagai anak perusahaan PT (Persero) PLN. Sementara jika tidak ada permintaan, PLN Batam tidak akan berani menerangi daerah-daerah atau pulau-pulau yang saat ini belum daliri listrik PLN Batam.

Mendekati acara berbuka puasa, Ustaz Umar Faroq memberikan ceramah singkat.  UstazUmar menjelaskan, bahwa pelaku media, mempunyai peran penting dalam menginformasikan sesuatu, termasuk keberadaan kelistrikan. Namun demikian, Ustadz Umar Faruq mengingatkan, media mempunyai dua sisi mata. Satu sisi bisa memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara, tetapi sisi lain bisa mencelakakan jika berita itu tidak benar atau apa yang disebut berita ‘hoax’. Maka melalui puasa ini, kita semua bisa menjaga lidah atau tulisan. Sebab tak jarang ada berita yang menzolimi suatu kelompok minoritas agama atau suku. Padahal kita Indonesia yang didalamnya tergabung dalam berbagai agama dan suku adalah sama. Karenanya, ajak Ustadz Umar, mari kita jaga Indonesia ini tetap damai.

Usai acara buka puasa dilanjutkan dengan pengundian pemegang doorprize melalui pencabutan mulai dari Ketua PWI Kepri, Ketua AJI hingga Public Relation PLN Samsul Bahri dan Dirut Dadan Kurniadipura. Sejumlah hadiah diberikan kepada pemegang doorprize yang beruntung. Seperti Gusmanedy Sibagariang berhasil memenangkan TV 32 inci dimana doorprize yang dipegangnya cocok dengan yang diundi MC. Acara diakhiri dengan foto bersama. (arifin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.