Tahun 2021, Dinas Pertanian Natuna Targetkan Penanaman 2.070 Bibit Kelapa Hibrida

0
Bibit Kepala Hibrida
Advertisement

NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna, melalui Dinas Pertanian terus berusaha dalam mengenjot sektor pertanian. Ditahun 2021 Dinas Pertanian telah menyiapkan lahan penanaman kelapa Hibrida sebanyak 2.070 pohon dengan menggunakan lahan petani di Natuna.

2.070 pohon kelapa Hibrida ini merupakan masa percobaan dengan mengunakan akses lahan petani yang telah tersedia, penanaman kelapa Hibrida merupakan salah satu program dari dinas Pertanian kabupaten Natuna ditahun 2021.

Baca: Dinas Pertanian Natuna Targetkan 3,1 Ton Bibit Padi Untuk Sawah Produktif Tahun 2021

Program ini akan terealisasi jika tidak terjadi pemangkasan anggaran. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Pertanian kabupaten Natuna, Marwan Syah Saputrs, S. PT kepada awak media diruang kerjanya, Jumat 28 Mei 2021.

Marwan mengatakan, program penanaman kelapa Hibrida merupakan salah satu program dari dinas Pertanian, serta anjuran dari pemerintah Provinsi, namun pada bulan berapa akan ditanam belum bisa dipastikan. Namun jika tidak terjadi pemangkasan anggaran penanaman kelapa Hibrida akan laksanakan tahun ini. “Insa Allah akan kita realisasi tahun ini, namun kapan waktunya belum bisa kita tentukan, akan tetapi dari dinas Pertanian suduh membuat program itu berserta kebutuhan anggaran. Jika tidak terjadi defisit anggaran ditahun ini akan kita mulai. Bila terjadi devisit kita akan mencari solusi lain untuk merealisasikan program yang telah kita susun. Kalau kemauan kita, memang ingin secepatnya program ini direalisasikan,” papar Marwan.

Marwan juga menjelaskan diawal penanaman akan menanam sebanyak 2.070 batang bibit, dengan pagu anggaran kurang lebih Rp 100 juta, bibit ini akan dibagikan ke petani untuk mengelola dan sudah pasti dibimbing oleh tenaga penyuluh. “Dalam wancana kita, masa percobaan akan menanam sebanyak 2.070 batang pohon kelapa, untuk arealnya kita akan gunakan lahan petani yang sudah tersedia, namun sekali lagi saya katakan jika tidak terjadi pemangkasan,” ujarnya. Marwan juga mengakui dengan keterbatasan anggaran, banyak program di dinas pertanian belum bisa dijalankan secara maksimal.

Pj Sekda Natuna Hendra Kusuma

Sementara itu, ditempat terpisah Pj Sekda Natuna Hendra Kusuma menegaskan, selama itu untuk kepentingan masyarakat pemerintah siap mendukung setiap program dari semua dinas, termasuk dinas Pertanian.

“Kita siap mendukung setiap program dari semua dinas terkait, karena pada prinsipnya setiap program dari dinas-dinas itu, untuk kesejahteraan masyarakat, karena apapun program yang telah dibuat oleh dinas ialah mendukung visi dan misi Bupati,” ungkap Hendra. Jims

Editor: Arianus

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.