Petugas Direktorat Pengamanan BP Batam Amankan Penambang Pasir Ilegal

0
Direktur Pengamanan (Dirpam) BP Batam Brigjen Pol Suherman.
Advertisement

Berita Nusantara News ~ Batam, Direktorat Pengamanan (Ditpam) Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), kini lagi gencar melakukan tugas pengamanan lingkungan dan hutan di wilayah Batam sekitarnya. Hal itu dilakukan demi menjaga kelestarian lingkungan atau hutan lindung dari gangguan para pelaku perambah hutan maupun penambang pasir secara ilegal.

Direktur Pengamanan (Dirpam) BP Batam Brigjen Pol Suherman, di ruang kerjanya, Jumat (31/08) lalu, saat dikonfirmasi terkait masalah pengamanan lingkungan BP Batam mengatakan, pihaknya sudah melakukan tugas dengan optimal dalam penanganan masalah lingkungan dan hutan di kawasan BP Batam.

“Kita berupaya melakukan tugas pengamanan lingkungan pada seluruh wilayah kawasan BP Batam semaksimal mungkin. Baru-baru ini anggota kita telah mengamankan beberapa orang pelaku penambang pasir ilegal. Biar lebih jelas datanya, coba tanya langsung sama pak Sinambela, yang saat ini dipercaya sebagai pelaksana tugas harian (PLH) Kepala Seksi Pamling,” ujarnya.

PLH Kasi Pamling dan Hutan Ditpam BP Batam Puraem O Sinambela.

Sementara itu, PLH Kasi Pengamanan Lingkungan (Pamling) dan Hutan Ditpam BP Batam Puraem O Sinambela, mengatakan, baru-baru ini pihaknya telah mengamankan 5 orang pelaku penambang pasir secara ilegal, yang selama ini kerap beroperasi di kawasan Bandara Hang Nadim.

“Ada 5 orang pelakunya kita amankan, karena mereka merusak hutan lindung. Berkasnya sudah kita serahkan ke pihak Polresta Barelang. Selain pelaku tersebut, juga kita amankan barang bukti 1 unit mobil serta mesin pompa yang dipergunakan para pelaku sebagai alat penyedot pasir,” kata Sinambela.

Selanjutnya, pria yang sudah lama melanglang buana bertugas di lingkungan Ditpam BP Batam ini menyebut, sebelum mengamankan pelaku penambang pasir tersebut, pihaknya sudah berulang kali memperingati baik secara lisan dan tulisan, namun para pelaku penambang pasir ilegal tersebut tak menggrubrisnya.

“Sebelumya kita sudah berulangkali memperingati mereka supaya aktivitas tersebut dihentikan. Namun para penambang pasir ilegal tersebut tak mau menghiraukannya. Kita selaku petugas terpaksa melakukan tindakan tegas, karena aktivitas yang mereka lakukan itu suatu pelanggaran hukum tindak pengerusakan hutan lindung. Kita tidak main-main, karena menyangkut pengamanan lingkungan dan hutan itu, sudah merupakan tugas serta tanggung jawab kita selaku pengamanan lingkungan kawasan BP Batam,” tegasnya. (manser)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.