Bupati Buka Musrenbang RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021-2026

0
Gambar Istimewa
Advertisement

KISARAN – Bupati H Surya BSc secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Asahan Tahun 2021 – 2026 yang berlangsung di aula Melati kantor Bupati setempat, Rabu (02/06/2021).

Baca: Bupati Asahan Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Dalam sambutannya Bupati Asahan H. Surya BSc menyampaikan bahwa dalam rangka memanajemen setiap program dan kegiatan diperlukan strategi dengan menyusun cara, langkah atau tahapan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Karena, kata Surya, pengelolaan pembangunan daerah memerlukan adanya manajemen strategis yang menetapkan tujuan Pemerintah Daerah serta pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai visi dan misi Kepala Daerah melalui pemberdayaan setiap potensi sumber daya yang ada.

Program prioritas dalam pencapaian pembangunan daerah tersebut ada 10 antara lain digitalisasi birokrasi, SDM tangguh, ekonomi mandiri, Asahan sehat, Asahan cerdas, infrastruktur kuat, Asahan religius, lingkungan berbasis partisipatif, Asahan go wisata dan Asahan perang covid-19, katanya.

Kemudian Bupati menyampaikan beberapa hal kepada Kepala OPD, pertama agar memperhatikan kesesuaian visi, misi tujuan dan sasaran dalam RPJMD. Karena konsistensi penjabaran visi dan misi kedalam tujuan dan sasaran menentukan efektifitas pembangunan daerah. Kedua, indikator kinerja daerah yang sudah diformulasikan oleh tim penyusun RPJMD dan tim pendamping berupa matriks cascading atau penjabaran dan penyelarasan visi, misi, tujuan sasaran indikator tujuan dan indikator sasaran RPJMD agar dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen rencana strategis dan rencana kerja perangkat daerah.

Ketiga, memperkuat koordinasi antar OPD dalam proses perencanaan agar terbangun sinergitas yang harmonis. Keempat, seluruh OPD agar komitmen dalam proses perencanaan dengan mengacu pada ada RPJPD, RPJMD, RENSTRA OPD, RKPD dan RENJA OPD, agar tercipta dokumen perencanaan yang selaras dan berkualitas.

Kelima, terkait dengan penyusunan RPJMD Kabupaten Asahan tahun 2021-2026, agar Kepala OPD terlibat aktif dalam setiap tahapan proses perencanaannya, sehingga program yang disusun OPD benar-benar mampu diimplementasikan untuk mendukung terwujudnya visi dan misi Kepala Daerah dengan indikator kinerja yang terukur dan keenam, seluruh peserta musrenbang RPJMD ini diharapkan mampu berkontribusi dan memberikan input yang dirumuskan dalam berita acara kesepakatan hasil musrenbang sebagai dasar dalam proses penyempurnaan rancangan akhir RPJMD.

Sementara Gubernur Sumatera Utara diwakili Asisten Administrasi Umum Sekdaprovsu Dr. Ir. Hasmirizal Lubis MSi secara virtual menyatakan forum musrenbang ini memiliki makna yang sangat penting dan strategis bagi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka penajaman, penyelarasan dan klarifikasi terhadap usulan rencana pembangunan lima tahunan sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RPJMD Tahun 2021-2026 yang telah disusun Pemerintah Kabupaten Asahan.

Dalam rangka pencapaian prioritas pembangunan nasional, maka prioritas pembangunan daerah pada semua tingkatan harus diselaraskan dengan prioritas pembangunan nasional tersebut sesuai dengan kewenangannya. Berbagai prioritas pembangunan harus diintegrasikan dalam konteks kewilayahan dengan rencana tata ruang, baik di tingkat nasional, provinsi maupun Kabupaten/Kota dengan tetap memperhatikan aspek kelestarian lingkungan hidup, ujar Asisten Sekdaprovsu itu.(Ib.sitorus)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.