Butuh Sarana Pendidikan, Puluhan Warga Desa Lalang Kabung Gelar Aksi Damai

0
Aksi Damai di Simpang Empat antara Jalan Datuk Lintang dengan Jalan Koridor PT. RAPP, Selasa (31/08/2021).
Advertisement

PELALAWAN – Puluhan warga Desa Lalang Kabung Kecamatan Pelalawan melakukan aksi damai dengan membawa spanduk yang bertuliskan desakan kepada PT RAPP untuk menyediakan lahan sarana pendidikan, di simpang empat antara Jalan Datuk Lintang dengan Jalan Koridor PT. RAPP, Selasa (31/08/2021).

Pantaun dilapangan, warga membentangkan spanduk  yang bertuliskan, “Kami butuh lahan sarana pendidikan SMP, Tidak Butuh Bau Limbah, Polusi Udara, Polusi Bising. Mendesak PT. RAPP menyediakan lahan sarana pendidikan SMP untuk masyarakat desa Lalang Kabung”.

Baca : Komitmen Menuju Wilayah Bebas Korupsi di Lingkungan Pemerintahan Pelalawan

Aksi ini dilakukan oleh puluhan masyarakat, meminta agar Perusahaan PT. RAPP (Riau Andalan Pulp dan Piper) dapat kiranya membantu untuk menyediakan lahan untuk gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di desa Lalang Kabung, mengigat perusahaan ini salah satunya perusahaan yang langsung berbatasan dengan Desa Lalang Kabung.

Dalam aksi tersebut, turut hadir Ketua BPD (Nanang Helmanto) Ketua Pemuda (Sarifudin S.Ag, Tokoh masyarakat (Erwin Siswandi). LKMD (Nur Aisyah), dan beberapa orang dari perangkat desa,

Ketua BPD Lalang kabung, Nanang Helmanto menyampaikan, bahwa aksi damai ini dilakukan untuk mengupayakan agar kedepan tidak ada lagi anak-anak dari masyarakat yang tidak melanjutkan sekolah-nya, sehingga angka putus sekolah dapat teratasi, karena itu sangat didambakan dan sangat dibutuhkan sampai ke anak cucu.

“Kami dari BPD Desa Lalang Kabung adalah sebagai penerima keluhan atau aspirasi dari tuntutan masyarakat kami, dan kami dari BPD Desa Lalang Kabung berhak mendukung dan menyampaikannya,” ujarnya tegas.

Menanggapi belum adanya Lahan untuk pembangunan gedung sekolah SMP, Ketua Pemuda Sarifudin S.Ag, juga menyampaikan, bahwa kami dari rekan-rekan Pemuda sangat mensuport baik dengan adanya rencana pembangunan gedung SMP kelas jauh di Desa Lalang Kabung ini, karena tahun depan tahun 2022 kita sudah bisa menerima siswa-siswi baru di SMP Lalang kabung, ” Ya mudah-mudahan ini menjadi perhatian khususlah dari Perusahaan PT. RAPP dan dari Pemerintah Kabupaten Pelalawan, kami harapkan semoga terwujud, demi mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa Lalang Kabung ini,” harapnya.

Salah seorang perwakilan dari tokoh masyarakat, Erwin Siswandi mengharapkan bantuan dari Perusahaan PT. RAPP untuk penyediaan lahan untuk pembangunan gedung SMP.

“Saat ini kami menunggu kedatangan pihak Manajemen PT. RAPP untuk menanggapi keluhan dari masyarakat kami, dan apabila keluhan kami dari masyarakat ini tidak bisa diterima, maka kami akan membuat aksi lagi, dan akan lebih banyak dari ini, jadi kami memohon kepada perusahaan, agar dapat merespon dan menindak lanjuti apa permohonan yang telah kami sampaikan kepada perusahaan beberapa Minggu yang lalu,” katanya.

Tambahnya lagi, dari perusahaan PT. RAPP merespon permohonan lahan sarana pendidikan, sehingga ke depan tidak ada lagi anak-anak Desa Lalang Kabung yang putus sekolah, karena desa Lalang Kabung ini adalah salah satu desa yang belum memiliki sekolah SMP. “Jadi wajar saja kami melakukan kegiatan aksi ini, karena ini juga demi kepentingan umum,” ungkap Erwin menambahkan.

Salah seorang ibu rumah tangga, LM (44) mengharapkan ada sekolah SMP di Desa Kalang Kabung. Ia menceritakan jarak tempuh dar kei rumah sekolah kurang lebih 15 kilometer itupun melalui Jalan Simpang Perak.

“Bagaimana kami ini pak. sepeda motor kami cuma satu, kalau suami mau kerja ya harus ngantar anak sekolah dulu ke Pangkalan Kerinci lagi pula jaraknya jauh, kurang lebih 15 km melalui jalan simpang perak,” melasnya.

“Kami sangat bersyukur jika ada gedung SMP dibangun di Desa Lalang Kabung ini, tentu biaya yang kami keluarkan lebih irit dan tidak perlu jauh-jauh lagi bersekolah ke Pangkalan Kerinci,” harapnya. (Pranseda)

Editor: Ari

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.