Dinas Pendidikan Himbau Orangtua Murid dan Guru Kerjasama Selama Program BDR

0
Kepala Dinas Pendidikan Natuna Suherman SH
Advertisement

NATUNA – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Natuna Suherman, menghimbau orangtua murid dan guru untuk kerjasama selama program belajar dari rumah atau daring.

“Kerjasama antara guru dengan orangtua siswa dalam proses belajar mengajar secara Belajar Dari Rumah (BDR) sangatlah penting. Hal ini dilaksanakan karena Kabupaten Natuna masih terdampak pandemik Covid-19, demi mencegah penularan sesama guru dan murid,” ujar Suherman. Rabu (30/6/21).

Baca : Tahun 2021, Dinas Pertanian Natuna Targetkan Penanaman 2.070 Bibit Kelapa Hibrida

Kepala Seksi Pembina SD Disdik Natuna, Umar Wirahadi Kusuma

Sementara Kepala Seksi Pembina SD Disdik Natuna, Umar Wirahadi Kusuma. Ia menjelaskan BDR tak harus memenuhi target standar kurikulum.

Semenjak pandemi Covid-19 proses belajar mengajar dilaksanakan secara Daring dan di Kabupaten Natuna sendiri memberlakukan program Belajar Dari Rumah (BDR). “Pemberlakuan program BDR terkendala oleh berbagai keterbatasan kemampuan sarana dan prasarana berupa handphone, laptop dan jaringan bagi guru dan peserta didik,” kata Umar dilansir situs TRIBUNBATAM.id, di ruang Sekretaris Kantor Dinas Pendidikan Natuna.

Menurut Umar kerjasama antara guru dengan orangtua siswa dalam proses belajar mengajar secara BDR sangatlah penting. “Bagi peserta didik yang tempat tinggalnya tidak terjangkau jaringan internet, guru akan mengantar materi ajar ke rumah siswa ataupun orangtua mengambil materi ajar ke rumah guru,” ungkapnya.

Sekolah yang mengikuti program BDR antara lain Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Tengah, Midai dan Suak Midai serta Kelurahan Sedanau. Program BDR dilakukan secara bertahap yaitu dimulai dari Kecamatan Bunguran Timur, kemudian diikuti oleh sekolah-sekolah lain.

Pemberlakuan BDR bisa berlanjut tergantung dari status Covid-19 di Natuna.  Untuk sekolah yang menerapkan program BDR, peserta didiknya melaksanakan ujian semester dari rumah masih-masing.

Pj Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto

Pj Sekda Natuna Boy Wijanarko Varianto, S.E, mengatakan saat pembelajaran secara BDR memang sangat tidak efektif dan juga sekolah tidak dituntut untuk mencapai ketuntasan dan memenuhi target kurikulum dikarenakan keadaan sedang tidak normal.

“Walaupun keadaan sedang tidak normal pemerintah sendiri tetap mengupayakan proses belajar mengajar berjalan sebagaimana mestinya, hal ini untuk menghindari kurangnya minat peserta didik untuk belajar seperti sediakala saat keadaan sudah kembali normal.” Pungkasnya. Jim’s

Editor : Arianus

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.