Diskominfo Asahan Gelar Rakor Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

0
Advertisement

ASAHAN – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kominfo Kabupaten Asahan menggelar rapat koordinasi monitoring dan evaluasi terkait Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Rapat koordinasi tersebut dibuka Asisten Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muhilli Lubis bertempat di Aula Mawar kantor bupati setempat, Senin (13/02/2023).

Dalam sambutannya, Muhilli yang mewakili Bupati Asahan menyampaikan bahwa peran SPBE sangat penting dalam setiap akses pemerintahan, baik untuk pelayanan publik maupun administrasi karena semuanya sudah menggunakan teknologi. Oleh karenanya seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan harus mampu menguasai teknologi.

Asisten II Setdakab itu juga menambahkan bahwa SPBE tersebut merupakan salah satu perwujudan dari 10 program prioritas Pemerintah Kabupaten Asahan yang bertujuan mendukung suksesnya visi dan misi mewujudkan Asahan Sejahtera yang Religius dan Berkarakter.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Asahan Syamsuddin, SH, MM dalam eksposnya memaparkan tujuan penyelenggaraan SPBE adalah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, efisien, akuntabel serta terpercaya. Selain itu SPBE juga berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik.

Menurut Syamsuddin SPBE memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan efisiensi anggaran untuk pembangunan pemerintahan berbasis elektronik, mendukung terwujudnya Satu Data Indonesia melalui bagi pakai data antar instansi pemerintah dan pemerintah daerah, mendorong penggunaan aplikasi umum berbagi pakai di instansi pemerintah dan pemerintah daerah, meningkatnya utilisasi infrastruktur TIK yang terintegrasi dan terwujudnya keamanan informasi pemerintah.

“Untuk meningkatkan indeks SPBE Kabupaten Asahan di tahun 2023 ini, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan yakni tersusunnya dokumen peta rencana SPBE. Dan pada tahun anggaran 2023 Diskominfo sudah menganggarkannya dan akan segera dikerjakanā€¯, ujar Syamsuddin.

Setelah dokumen tersusun, kata Kadis Kominfo itu, kemudian menetapkan surat pengunjukan petugas/penanggung jawab/operator aplikasi yang ada di OPD masing – masing serta menetapkan SOP dan regulasi tentang aplikasi yg digunakan, meningkatkan kerjasama, kolaborasi, dan koordinasi antar OPD yang menjadi penyelenggara SPBE terutama yang terkait perencanaan dan penganggaran daerah.(ibs)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.