Menhan dan Menkes RI Kunjungi Natuna  : WNI Dalam Keadaan Sehat Masyarakat Jangan Panik

0
112

Natuna – Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto meminta semua pihak tetap tenang dalam menangani dan mensikapi issu wabah corona yang belakangan ini menggemparkan tanah air.

Permintaan ini disampaikannya Menhan Prabowo Subianto kepada sejumlah wartawan lokal dan nasional pada konfrensi pers yang digelar di Base Ops Lanud RSA Natuna, Rabu 5 February 2020. “Pertama sekali saya apresiasi kerja petugas yang menangani WNI yang dievakuasi ini. Saya ucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pak Menteri Kesehatan dan Panglima TNI. Kerjanya bagus, tanggap, cepat dan tepat,” kata Prabowo.

Ia mengaku kedatangannya ke Natuna untuk memantau kerja petugas dan kondisi WNI yang sedang diobservasi. Prabowo memastikan kerja dan kondisi petugas daserta WNI itu dalam keadaan baik.

kemudian Menhan Prabowo juga memintia semua pihak terutama sekali petugas, WNI dan masyarakat Natuna tidak panik dalam menghadapi persoalan ini. “Dan yang terpeting jangan panik. Semua tetap tenang dan cool. Petugas dan masyarakat Natuna jangan panik karena Indonesi termasuk negara yang tidak panik menghadapi persoalan ini,” pintanya.

Khusus kepada para petugas baik medis maupun keamanan, Prabowo meminta agar mereka dapat bekerja dengan sebaik–baiknya. “Karena kalau kerja kita baik, masyarakat bersama kita. Begitu dulu ya,” ucapnya seraya mempersilahkan Menkes berbicara.

Sementara itu Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto memastikan kondisi 238 orang WNI yang diobeservasi itu dalam keadaan baik. “Kami sampaikan, saudara kita yang menjalani obeservasi itu sehat semua. Tadi kami melintas menggunakan kendaraan di sekitar sana, mereka gembira sekali dadah-dadah (melambaikan tangan) degan pak Menhan,” tuturnya.

Begitu juga dengan masyarakat Natuna, ia memastikan masyarakat Natuna juga dalam keadaan aman dari gangguan virus yang mereka khawatirkan itu. “Warga Natuna juga baik. Kita akan buka Posko kesehatan sebagai jaminan kemanan dan kesehatan masyarakat dari pemerintah. Teknisnya ada di pak Bupati,” ujarnya mempersilahkan Bupati Natuna berbicara.

Bupati Natuna, Hamid Rizal menjelaskan, Pemerintah daerah telah menyaiapkan sekuruh Puskesmas sebagai posko kesehatan Masyarakat. Dan kini pihaknya tengah menyiapkan Posko di luar Puskemas yang akan beropersi 24 jam melayani masyarakat.
“Ini untuk melayani kesehatan masyarakat berikut keluhannya. Jadi kalau ada yang memiliki keluhan, segera menuju Posko,” ujar Hamid.

Adapun posko yang di sediakan oleh pemerintah daerah di antara pantai piwang, poskesmas Ranai, Puskesmas Tanjung, Puskesmas Bunguran tengah, Dinas kesehatan.

Diakhir Konpresnya, Prabowo Subianto menyerahkan bantuan kepada Pangkogabwilhan 1, Laksdya TNI Yudo Margono, Komandan Lanud RSA, Kolonel Pnb. Fairliyanto dan Bupati Natuna, Hamid Rizal. “Bantunan ini adalah obat-obatan untuk WNI yang diobservasi dan seluruh petugas,” tutasnya. JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.