Sekda Pimpin Pengambilan Sumpah dan Janji PNS di Lingkungan Pemkab Asahan

0
Sumpah dan Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan Tahun 2021 bertempat di Aula Melati Kantor Bupati setempat, Selasa (30/11/2021).
Advertisement

KISARAN – Sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara disebutkan bahwa setiap calon PNS yang diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil wajib mengucapkan sumpah/janji.

Demikian dikemukakan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution MSi., yang mewakili Bupati dalam sambutannya ketika mengambil sumpah / janji Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan Tahun 2021 bertempat di Aula Melati Kantor Bupati setempat, Selasa (30/11/2021).

Dikatakannya, seorang PNS adalah seorang ASN yang diharapkan dapat bertindak secara profesional dan proporsional dalam tanggung jawab masing-masing, moralitas terjaga, efektif atau berdaya guna, produktivitas tinggi dengan kualitas yang tinggi pula, transparan serta akuntabel, menjauhi segala macam bentuk KKN.

Sekda berharap dengan diucapkannya sumpah janji yang baru laksanakan, otomatis membuat para PNS memiliki tekad kuat untuk turut serta mensukseskan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan yaitu mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Oleh sebab itu apa yang diucapkan pada saat pengambilan sumpah/janji tadi dapat saudara – saudara hayati, pahami dan dilaksanakan dalam melaksanakan tugas sehari – hari. Karena sumpah/janji yang saudara ucapkan hari ini merupakan bentuk kesanggupan dan kesungguhan saudara dengan bersaksi kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalani tugas dan tanggung jawab sebagai PNS sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, pungkas John Hardi.

Sebelumnya Kepala BKD Kabupaten Asahan Nazaruddin SH dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan pengambilan sumpah/janji PNS ini adalah untuk memenuhi ketentuan peraturan yang berlaku agar PNS yang baru diangkat menaati kewajiban dan/atau tidak melakukan larangan yang ditentukan yang diikrarkan dihadapan atasan yang berwenang menurut agamanya masing – masing.

Dijelaskannya, jumlah PNS yang akan diambil sumpah atau janji sebanyak 276 orang dengan rincian berdasarkan tahun formasi yaitu CPNS formasi Tahun 2018 sebanyak 234 orang dan Dokter/Bidan PTT Tahun 2019 sebanyak 42 orang.

Kemudian berdasarkan agama untuk Agama Islam sebanyak 211 orang, Agama Kristen sebanyak 64 orang dan Agama Budha sebanyak 1 orang. Sedangkan berdasarkan golongan, untuk golongan Ruang II/a 26 orang, golongan Ruang II/c 50 orang, golongan Ruang III/a 168 orang dan golongan Ruang III/b 32 orang.(ibs)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.