Tokoh Pers Nasional Meninggal Dunia

0
Advertisement

Berita Nusantara News ~ Indonesia kehilangan seorang tokoh pers nasional Sabam Leo Batubara yang juga Anggota Kelompok Kerja Bidang Pengaduan Dewan Pers meninggal dunia. Almarhum meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta Pusat, Rabu (29/8/2018). Almarhum meninggal di usia 79 tahun.

Kabar duka tersebut dikonfirmasi Anggota Dewan Pers Hendry Ch Bangun melalui sambungan telepon kepada Kompas.com.

Menurut Hendry Leo Batubara meninggal setelah terjatuh di ruangannya, di Lantai 7 kantor Dewan Pers, Jakarta. Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 16.30 WIB.

“Jadi beliau itu jalan dari kamar mandi ke ruang kerjanya kembali, lalu terjatuh, kemungkinan kepalanya membentur kayu atau apa sehingga berdarah,” urainya.

“Langsung dilarikan ke RSPAD yang paling dekat, tetapi di Instalasi Gawat Darurat (IGD) dinyatakan sudah tidak ada,” sambung dia.

Ia pun menyampaikan dukanya atas kepergian Leo yang juga merupakan Mantan Wakil Ketua Dewan Pers periode 2007-2010.

“Kita tentu berduka karena dia termasuk pejuang kemerdekaan pers ya sejak reformasi,” tutur Hendry.

Saat ini jenazah Leo berada di Rumah Duka RSPAD dan para keluarga pun sudah hadir. Menurut informasi Hendry, Leo akan dimakamkan Jumat (31/8/2018).

Sabam Leo Batubara yang lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara 26 Agustus 1939 dikenal sebagai aktivis pers yang memperjuangkan kebebasan bersuara di Indonesia. Almarhum pernah menjabat sebagai Pimpinan Perusahaan harian Suara Karya.

Jebolan IKIP (sekarang Universitas Negeri Jakarta) ini juga ikut merumuskan Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

Pimpinan redaksi media online Kepri Beritanusantaranews.com menyampaikan turut berduka cita atas meninggalnya Sabam Leo Batu Batubara.

“Segenap pimpinan dan staf redaksi media online Beritanusantaranews.com berdoa agar almarhum diampuni segala kesalahan dan dosanya. Semoga beliau ditempatkan disisiNya. Dan bagi keluarganya semoga diberi ketabahan serta kekuatan,” Ucap Gopok di bilangan Aviari, Kamis (30/8) pagi. (Man)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.