Unsur OPD dan Forkopimda Natuna Cek Penumpang Pelabuhan Binjai Guna Cegah Penyebaran Covid-19

0
Advertisement

NATUNA – Unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) cek penumpang Pelabuhan Binjai cegah penyebaran Covid-19. Kegiatan tersebut guna mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini kian merebak di berbagai belahan dunia. Bertempat di Pelabuhan Desa Binjai, Kecamatan Bunguran Barat, sejumlah unsur OPD dan Forkompinda Natuna kembali melalukan pengecekan terhadap penumpang Kapal Cepat, tujuan Binjai-Sedanau. Kamis, (19/03/2020) petang.

(fhoto, istimewa)

Dalam hal ini, puluhan penumpang Binjai-Sedanau terlihat satu persatu di cek suhu tubuh dengan menggunakan alat khusus medis. Tidak hanya itu, upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilakukan penyemprotan cairan Desinfektan disejumlah tempat seperti kursi ruang tunggu penumpang, pagar pelabuhan, serta sisi-sisi pintu ruangan Kapal Cepat.

Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadan, yang juga turun langsung dalam penanganan upaya penyebaran Covid-19 menghimbau, masyarakat Natuna untuk tidak panik dengan keadaan seperti saat ini. Menurutnya, dengan tidak melakukan kegiatan yang bersifat keramaian, serta merubah perilaku hidup sehat, akan dapat menghambat penyebaran Covid-19. “Buat masyarakat, sekarang ini kita siaga siaga satu pandemik Covid-19, kita harus mengedepankan yang namanya sosial, seperti menjaga jarak komunikasi dengan orang lain, dan rajin berolah raga,” ujarnya.

Sementara Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna, Dr. Medi kepada wartawan mengaku, hingga saat ini pihaknya belum menerima pasien saspek ataupun positif terpapar Covid-19. Kendati demikian, Medi menghimbau masyarakat agar tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap virus yang mematikan tersebut, dengan cara Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). “Sejauh ini masih aman-aman saja, kita belum ada menerima pasien saspek Codiv-19, apalagi yang positif Covid-19. Namun tetap waspada akan penyakit dengan cara PHBS,” ujarnya.

Lebih lanjut Medi menjelaskan, meskipun saat ini alat medis di RSUD Natuna belum mampu memastikan Covid-19 pada pasien, namun pihaknya saat ini telah menyiapkan sejumlah ruang Isolasi bagi masyarakat yang terindikasi Covid-19 “Jika kedapatan pasien yang terindikasi Covid-19, akan kita bawa sample nya, bahkan kita bawa pasien tersebut untuk di rujuk ke Rumah Sakit Kesehatan di Jakarta,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pengecekan penumpang kapal cepat antisipasi Penyebaran Covid-19 di Pelabuhan binjai, diantaranya Kadis Perhubungan, Kepala Kantor SAR, Kadis Damkar, dan sejumlah Dokpol Polda Kepri. Jims

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.