Wabup Buka Musda X LPTQ Kabupaten Natuna

0
Musyawarah Daerah (Musda) X Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Natuna, Senin (19/10).
Advertisement

Natuna – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti membuka secara resmi acara Musyawarah Daerah (Musda) X Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Natuna, yang dilaksanakan di Gedung Asrama Haji, Komplek Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Senin (19/10).

Hadir pada kesempatan tersebut diantaranya Asisten Pemerintahan , Ketua beserta Pengurus LPTQ Kabupaten Natuna, Camat dan Sekretaris Camat serta Kepala Kantor Urusan Agama se-Kabupaten Natuna.

Musyawarah Daerah (Musda) X Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Natuna, Senin (19/10).

Baca : Pemkab Natuna Gelar Apel Bersama Ikrar Netralitas ASN di Pilkada Serentak 2020

Wakil Bupati Natuna sekaligus Ketua LPTQ Kabupaten Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menyampaikan bahwa pandemic covid-19 telah merubah sebagian besar tatanan kehidupan serta program pembangunan. LPTQ juga merasakan dampaknya, dimana berbagai agenda baik ditingkat Kecamatan maupun Kabupaten, harus dibatalkan, seperti pelaksanaan MTQ Tingkat Kabupaten Natuna yang tahun ini seharusnya digelar di Kecamatan Pulau Tiga.

Menurut Ngesti,  hal ini seharus tidak membuat patah semangat, melainkan harus lebih lebih kreatif, menyesuaikan diri dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada, sehingga beberapa kegiatan dapat dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Musyawarah Daerah (Musda) X Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Natuna, Senin (19/10).

Baca : Budi Darma Ikuti Rapat Koordinasi ANEV Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020

Atas nama Pemerintah Daerah, Ngesti juga menyampaikan apresiasi kepada pengurus LPTQ Kabupaten Natuna, karena dengan segala keterbatasan anggaran operasional tahun ini, Natuna masih dapat mengirim peserta MTQ Tingkat Provinsi yang baru saja digelar di Tanjungpinang, dan masih dapat meraih beberapa juara pada cabang yang diikuti.

Ngesti juga menjelaskan bahwa sejauh ini LPTQ Kabupaten Natuna telah berhasil menunjukkan kontribusinya dalam melaksanakan tugas dan fungsi, sebagai perpanjangan tangan pemerintah bagi pembangungan sumberdaya manusia.

Turut serta dalam mempersiapkan generasi Qur’ani, melalui kerjasama dan koordinasi baik dengan lembaga lintas sektoral, pengurus masjid dan surau maupun taman pendidikan Al Qur’an dan para guru mengaji yang tersebar sampai ke tingkat Rukun Tetangga.

Baca : Bupati Hamid Rizal Apresiasi Kinerja Tim Gugus Tugas Pertahankan Natuna Zona Hijau Covid

Untuk itu, bagi menyatukan pandangan dalam meletakkan program kerja kedepan, Ngesti berharap agar momentum ini dapat dijadikan peluang penting dalam mengungkapkan permasalahan bagi pengembangan tilawatil Qur’an di Kecamatan yang cenderung beragam.

Selain itu, hasil pembahasan juga akan menjadi acuan bagi LPTQ Kabupaten Natuna untuk menyusun program kerja dalam menetapkan kebijakan yang nantinya akan disinergikan dengan program kerja pembangunan daerah pada sektor pembangunan manusia dan peningkatan keimanan.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Ahmad selaku Ketua Musda LPTQ X Kabupaten Natuna menyampaikan adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang ada pada setiap LPTQ tingkat Kecamatan yang kemudian akan dicari solusinya.

Selain itu, kegiatan ini juga akan membahas kesepatakan bersama strategi pengembangan peran LPTQ tingkat kecamatan dan kabupaten, serta penetapan Tuan Rumah bagi pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Natuna berikutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan  selama satu hari (19/10), diikuti oleh 43 orang yang merupakan perwakilan dari Pengurus LPTQ Kabupaten, Ketua LPTQ Kecamatan, Camat, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan se-Kabupaten Natuna.(hum/Jim’s)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.