Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal Hadiri Lonching Tematik Desa Wisata di Jakarta

0
5
Foto Bupati Natuna Drs H Abdul Hamid Rizal Saat Hadiri Lonching Tematik Desa Wisata dan Content Creator Desa, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Jakarta – Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal didamping kepala dinas Parawisata Natuna, Ardinansyah menghadiri Festival Desa Wisata Nusantara yang dirangkaikan dengan Lounching Lomba Membangun Paket Tematik Desa Wisata dan Content Creator Desa, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia tersebut di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Selasa (13/08/2019).

foto: Humas Pemkab Natuna

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Lounching Lomba Membangun Paket Tematik Desa Sisata dan Content Creator Desa tersebut di hadiri oleh seluruh Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia.

Bupati Natuna, Hamid Rizal menyampaikan apresiasinya kepada Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesian.

“Kegiatan ini sangat penting bagi Daerah, untuk menjadi pemicu Desa Wisata secara aktif melaksanakan fungsinya sebagai pendorong masyarakat dalam memantapkan sadar Wisata dan Sapta Pesona,” kata Hamid Rizal.

Hamid Rizal juga menyampaikan Desa Wisata merupakan inovasi Desa yang harus mampu mewujudkan Sapta Pesona Wisata yang ada di Daerah menjadi lebih baik, karena Desa Wisata sangat menunjang daerah terutama dalam peningkatan perekonomian masyarakat.

Sehingga Hamid Rizal mengharapkan kepada kepala- kepala desa se-Kabupaten Natuna agar menciptakan inovasi-inovasi bagi Desa yang memiliki potensi wisata, seperti yang dikembangkan oleh Desa Cmaga Kecamatan Bunguran Selatan dan desa Limau Manis Bunguran Timur Laut yaitu pengembangan obyek Wisata Pantai

Sementara itu Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia, Eko Putro Sanjoyo juga menjelaskan bahwa selama 4 tahun terakhir pemerintah telah menyalurkan dana desa sebesar 257 Triliun. Mengingat program percepatan pembangunan pedesaan dirasa cukup berhasil, pemerintah berencana akan meningkatkan alokasi anggaran tersebut menjadi 400 triliun setiap tahunnnya, dengan harapan dapat lebih memacu percepatan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat desa.

Ditempat yang sama Dirjen Pemerintahan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kementerian Pemerintahan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Taufiq Madjid ketika itu juga memaparkan bahwa dari dana desa yang digulirkan selama ini, tercatat 1214 desa yang berhasil mengembangkan sector pariwisata.

Pada tahun 2018 angka tersebut meningkat menjadi 1785 desa dan terakhir pada tahun 2019 semester pertama meningkat menjadi 2765 desa yang menggunakan dana desa untuk mendukung pengembangan desa wisata. JS/Hum

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.