Konsultasi Publik Amdal Ruas Jalan Nasional di Natuna

0
5
Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi.

 

Natuna – Sekretaris Daerah Kabupaten Natuna, Wan Siswandi membuka kegiatan Konsultasi Publik Amdal Ruas Jalan Nasional, di Aula Natuna Hotel, Ranai Darat, Ranai, Kamis (3/10).

Para Undangan Konsultasi Publik Amdal Ruas Jalan Nasional, Jumat (4/10).

Dihadiri oleh pihak Konsultan dari PT. Cipta Buana, Kepala Dinas PUPR, Camat dan Uspika Kecamatan serta beberapa tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Wan Siswandi mengatakan bahwa pelaksanaan pembangunan terus dilakukan sinergitas dengan kebijakan pemerintah pusat, dimana sesuai nawacita Presiden Republik Indonesia, yang berkeinginan membangun dari wilayah pinggiran dan perbatasan.

” Hal itu dapat dilihat dari perhatian pemerintah pusat baik melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun program percepatan pembangunan di Kabupaten Natuna yang meliputi beberapa sektor, diantaranya migas, pariwisata, perikanan, pertahanan dan pengendalian lingkungan,” ujar Siswandi.

Nara Sumber Pada Konsultasi Publik Amdal.

Dengan kata lain, seluruh unsur harus benar-benar terlibat dan saling mendukung, karena dirasa memiliki keterkaitan, seperti pengembangan sektor pariwisata dan perikanan, membutuhkan pembenahan fasilitas dan infrastruktur, serta peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi rencana pembangunan jalan dua arah, dari Sungai Ulu menuju Kelurahan Batu Hitam, Teluk Buton dan menuju Kelarik, dengan anggaran bersumber dari APBN.

Peningkatan infrastruktur ini dimaksud untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah penduduk dan pelaksanaan pembangunan kedepan.

” Namun diakui bahwa kebersamaan dalam pembangunan merupakan salah satu bentuk agar pelaksanaan maupun pemanfaatannya nanti benar-benar dapat dirasakan oleh masyarakat, keterlibatan masyarakat dalam bentuk saran dan pendapan untuk mencegah potensi kendala dalam pelaksanaan dirasa sangat penting, diantaranya terkait masalah analisa dampak lingkungan,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kabupaten Natuna, Marzuki melaporkan bahwa rencana peningkatan ruas jalan yang akan direalisasikan adalah rencana pengembangan peningkatan jalan Telok Buton Kelarik, pengembangan jalan dua jalur dari simpang sungai ulu, Bandarsyah menuju Lantamal, pengembangan jalan dua jalur Lantamal menuju Batu Kapal.

“Adapun sumber anggaran dalam peningkatan jalan nantinya akan dibebankan pada APBN, sedangkan untuk pelebaran jalan akan menggunakan anggaran dari APBD Kabupaten,” tutupnya.(HMS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.