Mewakili Wali Kota Rudi, Jefridin Hadiri Pelantikan Pengurus Perempuan Tani HKTI Kota Batam

0
Sekda Kota Batam H Jefridin, membawa tanaman di sela menghadiri pelantikan DPC Perempuan Tani HKTI Kota Batam, Periode 2022-2027 di Golden Prawn, Bengkong, Selasa (19/7/2022). (Foto, ist/MC Batam|2022)
Advertisement

Sekda Menyarankan HKTI Tandem dengan GOW Kembangkan Urban Farming

BATAM | Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam H Jefridin, menghadiri pelantikan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perempuan Tani HKTI Kota Batam, Periode 2022-2027 di Golden Prawn, Bengkong, Selasa (19/7/2022).

Ia mengajak seluruh unsur Perempuan Tani HKTI untuk bersyukur, karena acara pelantikan DPC Perempuan Tani HKTI Kota Batam dapat terselenggara dan dapat dihadiri secara bersama-sama.

Pada kesempatan ini, Sekda juga menyampaikan salam Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP Batam), tak bisa hadir karena ada tugas lain.

Mewakili Wali Kota, Sekda mengucapkan selamat kepada pengurus yang telah dilantik.

Senada dengan yang disampaikan para pengurus Perempuan Tani HKTI maupun pengurus HKTI, sejatinya Batam bukan daerah pertanian. Kota ini dikembangkan sebagai daerah industri perdagangan, alih kapal dan pariwisata.

“Sementara kebutuhan bahan pangan kita luar biasa,” ucap Jefridin, yang juga Ketua Harian Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam.

Setiap tahun, bahan pangan kerap menyumbang inflasi, seperti bayam dan cabai. Ia mendorong Perempuan Tani HKTI dan HKTI mengambil bagian dalam persoalan ini.

Seperti diketahui, Batam bukan daerah pertanian untuk itu Sekda mendorong urban farming, seperti hidroponik.

“Dengan adanya organisasi ini dan komitmen nya, bertani bukan hanya langsung di atas tanah. Ini bagus sekali dan bisa disejalankan dengan pembuatan pupuk dari sisa makanan kita dari rumah,” imbuhnya.

Sekda pun mendorong, Perempuan Tani HKTI berkoordinasi dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Batam yang juga masuk dalam jajaran pembina.

GOW Batam yang kini dipimpin Hj Marlin Agustina, yang juga Wakil Gubernur Kepulauan Riau, sedang giatnya memiliki program pemberdayaan ekonomi keluarga, khususnya kaum perempuan.

“Pengurus yang baru di lantik kalau bisa dalam waktu dekat adakan audiensi dengan beliau (Marlin), untuk melaraskan program, kalau itu dilakukan pasti banyak faedahnya,” harap dia.

Sekda juga mengungkap, bahwa Batam memiliki rencana menyiapkan satu pulau untuk pertanian, ini akan tetap menjadi fokus Pemko Batam namun belum terealisasi dalam waktu dekat. (lis)

MC Batam_Perempuan Tani HKTI|2022

 

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.