Sekda Wan Siswandi Resmi Tutup Musrenbang Tingkat Kabupten Natuna TA 2020

0
Advertisement

Natuna – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi resmi menutup rangkaian Musyawarah Pembangunan Daerah (Musrenbang) Kabupaten Natuna Tahun 2020, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 di Natuna, Kamis  (05/3/2020) siang.

Sekda Kabupaten Natuna, Wan Siswandi.

Dengan mengusung tema “Penguatan Ekonomi Menuju Masyarakat Yang Sejahtera”, Musrenbang yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan  Daerah (BP3D) Kabuaten Natuna ini dimulai dari tanggal 3 sampai 5 Mei 2020 . Acara penutupan kegiatan ini dilaksanakan di gedung Sri Serindit Jl. Yos Sudarso, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran timur, Kabupaten Natuna.

Dalam sambutannya Siswandi menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi terhadap seluruh peserta Musrenbang yang telah mengikuti kegiatan ini, dimana semua masih semangat dan tidak kenal lelah sampai hari penutupan.”Ini menunjukkan semangat kita bersama untuk membangun Natuna ini agar lebih baik kedepan, melalui program-program yang telah direncanakan mulai dari Desa, Kecamatan sampai ke Kabupaten, semua itu menunjukkan kita punya semangat, punya sepakat dan punya tujuan yang sama.” ucap Wan Sis.

(foto, istimewa)

Siswandi mengatakan dan harus dipahami bersama bahwa,  pelaksanaan Musrenbang ini adalah merupakan amanat dari undang-undang yang harus dilaksanakan, dan ini sudah di lakukan. Dikatakannya dalam kegiatan ini yang terpenting semua program-ptogram agar dimasukkan dulu dan nantinya akan disesuikan dengan kondisi keuangan daerah. Program yang sudah terkaper dan nantinya juga masih ada tahapan selanjutnya untuk disesuaikan.

Selanjutnya Sekda Wan Siswandi ungkapkan bahwa, di Kabupaten Natuna mempunyai 15 Kecamatan, untuk kegiatan pembangunan di Kecamatan tersebut, semua dapat bagian bahkan di setiap Desa juga dapat, dan ini adalah merupakan keinginan bersama dan diharapkan ada pemerataan pembangunan diseluruh Kecamatan di Kabupaten Natuna, sesuai dengan porsi yang telah ditentukan.

Pada Musrenbang Natuna tahun 2020 terdapat empat point umum pembangungan yang berhasil disepakati yakni point priotas pembangunan daerah, rencana awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), program dan kegiatan yang belum diakomodir, rumusan yang tetcantum dalam lampiran kegiatan tidak terpisahkan. Dengan total rencana anggaran sebesar Rp. 3.888.110.068.000 (tiga triliun delapan ratus delapan puluh delapan milyar, seratus sepuluh juta, enam puluh delapan ribu rupiah).

Menyepakati rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Natuna Tahun 2021 terdiri dari 137 program dan 262 kegiatan dengan total dana yang dibutuhkan sebesar Rp. 3,8 Triliun yang bersumber dari APBD Kabupaten Natuna dengan rincian sebagai berikut; Bidang Sosial dan Budaya dengan jumlah pagu Anggaran sebesar Rp. 996.374.073.017 dengan 39 program dan 67 kegiatan.

Bidang Ekonomi dengan pagu Anggaran Rp. 331.652.868.100 dengan 50 program dan 77 kegiatan. Bidang Pemerintahan dengan pagu Anggaran Rp. 259.542.810.713 dengan 33 program dan 67 kegiatan. Bidang Infrastruktur dan pengembangan wilayah dengan jumlah pagu Anggaran sebesar Rp. 2.944.313.229293 dengan 44 program dan 87 kegiatan.

Sebelum mengakhiri, Siswandi juga ucapkan terima kasih penyelenggara Musrenbang Kabupaten, karena telah melaksanakan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. “Meskipun terlihat lelah namun masih semangat, dan ini merupakan untuk tujuan kedepannya Kabupaten Natuna. (Jims)

Advertisement

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.