Plt Asisten I Tata Pemerintahan Buka Kegiatan Perluasan Kredit Usaha Rakyat

0
15

Natuna – Sebanyak 99 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Koperasi di Kabupaten Natuna, mengikuti kegiatan Perluasan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Asisten I Tata Pemerintahan Robertus Louis, Selasa 02 Juli 2019 di Aula Hotel Trend Central, Jalan Pramuka, Ranai.

Kadis Perindagkop dan Usaha Mikro, Agus Supardi menyampaikan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, harus memanfaatkan segala potensi sumber daya yang ada. Sebesar apapun potensi SDA nya tidak akan berarti apa-apa, jika tidak didukung dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sebanyak 99 Pelaku Usaha Kecil Ikuti Kegiatan Perluasan Kredit Usaha Rakyat

Kegiatan perluasan KUR ini diadakan untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat, agar dapat mengembangkan kemampuan menjalankan usahanya. Untuk itu, dibutuhkan peran serta semua pihak, mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pemerintah daerah, perbankan, hingga motivator penggiat usaha.

“Melalui kegiatan ini, saya harapkan kepada peserta agar dapat meningkatkan kemampuan dan pengawasan diri dalam mengembangkan usaha yang dijalankan”, ujar Agus Supardi.

Agus juga berharap, pihak bank di Natuna dapat merangkul dan memberikan kemudahan kepada para pelaku usaha. “Saya sampaikan kepada pimpinan perbankan, peserta  ini merupakan pelaku berperstasi. Mereka aktif mengembalikan pinjaman yang digelontorkan, Maka dari itu rangkul lah mereka”. Katanya

Sementara itu, Bupati Natuna melalui Asisten Tata Pemerintahan Robertus Louis Stevenson mengatakan, Untuk menumbuh kembangkan usaha kecil menengah, membutuhkan campur tangan Pemerintah maupun lembaga lainnya. Dengan bertumbuhnya UMKM, secara otomatis akan menumbuhkan perekonomian masyarakat, serta mencipatkan lapangan pekerjaan secara mandiri.

Namun demikian, untuk mewujudkan program bantuan tepat sasaran, perlu komitmen dari para pelaku usaha, guna  memanfaatkan dana kredit tersebut.

“Paradigma harus kita ubah bersama, dalam kemampuan mengelola anggaran, sehingga dapat mewujudkan pemerataan kesejahteraan”. Ujanya

Kegiatan ini menghadirkan Narasumber yakni Kasubbid Penjaminan Simpanan Koperasi Kementerian Koperasi, M Subhan, dan dari pihak Bank di Natuna sebagai pembicara. JS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.